Baru-baru ini saya bertemu dengan CJ Huff, Pengawas Sekolah Joplin, Missouri, saat mengunjungi kampus sekolah menengah di Mall Northpark. Semua yang saya tahu tentang dia saya pelajari dari majalah People dan berita lokal. Sejujurnya, sebelum Joplin Tornado saya bahkan tidak yakin saya tahu namanya – mengingat saya tinggal di distrik Carthage, Missouri School (sekitar 10 mil jauhnya). Namun, setelah bertemu dengannya, jelaslah bahwa pria ini adalah seseorang yang dapat mencapai hal-hal luar biasa.

Saya berkata sebanyak itu kepadanya dan tanggapannya adalah: “Saya memiliki tim yang hebat.” Dalam beberapa saat kami harus mendiskusikan masalah Pemimpin yang Terfokus obligasi yang akan datang dan visi Joplin Schools, saya tahu dia adalah pemimpin yang hebat.

Pikiran tunggal itu telah membuat saya mempertimbangkan apa artinya menjadi pemimpin yang hebat, dan mengapa saya berpikir seperti itu tentang CJ Huff? Orang cenderung mengkategorikan Martin Luther King Jr., Ghandi, George Washington atau George Patton sebagai pemimpin yang hebat. Mengapa? Pemimpin bukanlah pemimpin kecuali mereka memiliki berita bobby nasution pengikut. Pengikut adalah orang yang terinspirasi atau termotivasi oleh orang lain dan memilih untuk percaya pada visi atau tujuan yang sama. Perhatikan bahwa pilih kata – itu penting. Pemimpin bukanlah benar-benar pemimpin jika pengikutnya melakukannya melalui paksaan atau ketundukan, itu adalah kediktatoran atau perbudakan.

Jika Anda meminta 100 orang untuk mendefinisikan ide mereka tentang seorang pemimpin yang inspiratif, akan ada 100 jawaban berbeda. Namun, ada beberapa kesamaan yang meresap ke atas dalam pertanyaan semacam itu. Greatleaders.info mencantumkan tiga kategori yang termasuk dalam banyak pemimpin: kepribadian karismatik, kepemimpinan situasional dan moralitas atau kepemimpinan spiritual. Dari pertemuan singkat kami, saya sampaikan CJ Huff diberkati dengan dua dari tiga. Dia adalah orang yang sangat menarik dengan kemampuan untuk mendiskusikan masalah yang agak kompleks pada tingkat kecerdasan yang sesuai dari pendengarnya. Misalnya, dia mampu membedah penerbitan obligasi dengan cukup cepat dan membantu saya memahami kebutuhan akan obligasi. Dan, dia adalah pria yang rendah hati. Ketika saya menyebutkan artikel dan penghargaan People Magazine, dia dengan cepat menangkis pujian itu kepada timnya.

CJ Huff juga memiliki kepemimpinan situasional dengan Joplin Tornado. Ini bukan peristiwa yang diinginkan atau diimpikan siapa pun akan terjadi, tetapi itu terjadi. Hari-hari dan minggu-minggu setelahnya menimbulkan rasa panik. Apakah semuanya akan baik-baik saja? Apa yang akan terjadi dengan Joplin? Apa yang akan dilakukan orang untuk rumah atau pekerjaan mereka? CJ Huff melangkah dalam menghadapi situasi yang luar biasa dan membuat banyak hal terjadi dengan fokus tunggal dalam pikiran – membuat siswa Joplin kembali ke sekolah.

CJ Huff memberi tahu saya bahwa dia mulai bekerja dengan para pemimpin kota pada tanggal 23 Mei (sehari setelah badai) untuk mengembalikan siswa ke sekolah. Mereka mengadakan pertemuan pagi harian yang menguraikan peristiwa setiap hari dan kemudian meninjau upaya tersebut selama pertemuan hari berikutnya. Tingkat komunikasi dan komitmen terhadap tujuan tersebut terbukti karena setiap sekolah Joplin (dengan cara tertentu) dibuka tepat waktu musim gugur yang lalu.

Bisnis saya adalah membantu orang-orang menjadi pemimpin yang hebat, tapi apa artinya itu? Apakah saya ingin mereka menghadapi kesulitan untuk membuktikan bahwa mereka adalah pemimpin yang baik – TIDAK! Idenya adalah untuk menciptakan kebiasaan dan perilaku kepemimpinan yang baik dalam kehidupan kita sehari-hari sehingga ketika kita diuji, kita dapat berdiri teguh. Para pemimpin kota sudah membangun kepercayaan dan komunikasi antara satu sama lain sehingga ketika Joplin hancur, koneksi sudah ada untuk sukses. Kesulitan bukanlah waktu untuk membangun hubungan yang kuat, meskipun ciptaan mereka dapat menjadi efek samping – lihatlah semua teman dan keluarga baru yang telah kita bangun karena pengalaman kita bersama.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *