Ketika berencana untuk berenang di perairan terbuka, ada baiknya untuk bertemu dengan perenang berpengalaman lainnya dan mendapatkan nasihat mereka atau, jika mungkin, bergabunglah dengan kelompok renang atau pelatihan. Di bawah ini adalah beberapa hal dasar yang perlu dipertimbangkan sebelum berenang di perairan terbuka:

Beri tahu seseorang
Suka dengan ekspedisi luar ruangan, selalu lebih aman untuk memberi tahu seseorang ke mana dan kapan Anda akan pergi. Jika memungkinkan, bawalah teman Anda sehingga mereka dapat memantau Anda dari darat dan membunyikan alarm jika terjadi kesalahan.

Suhu Suhu
perairan terbuka bisa antara 10 dan 25C (50 – 77F), jauh lebih dingin dari pada kolam renang. Hal ini dapat membuat perbedaan besar pada cara tubuh Anda beradaptasi, terutama pada hari-hari yang sangat panas.

Jangan pernah melompat ke air tanpa menyesuaikan tubuh Anda terlebih dahulu. Masukkan air secara perlahan, basahi tangan, wajah, dan dada Anda sebelum masuk sepenuhnya. Biarkan pernapasan Anda menjadi normal dan tubuh Anda terbiasa dengan suhu air sebelum mulai berenang.

Menemukan jalan Anda
Di perairan terbuka yang luas, navigasi dapat sulit dilakukan, karena garis pandang Anda biasanya dekat dengan air dan titik acuan sering kali berada jauh di pantai. Biasakan memeriksa arah Anda secara teratur selama berenang, dan pilih titik referensi yang sangat terlihat, khas dan tetap (seperti bangunan besar, dll.).
Konsultasikan peta area sebelum berenang untuk mendapatkan ‘pandangan pikiran’ yang baik tentang rute dan titik referensi Anda.

Cuaca
Kondisi cuaca dapat sangat bervariasi antara berenang atau bahkan selama berenang yang sama di perairan terbuka. Beberapa dapat berbahaya – misalnya angin dapat memperbesar ukuran gelombang dan membuat Anda keluar jalur, sementara matahari dapat menghalangi jarak pandang dan membuat Anda berisiko terbakar sinar matahari.

Selalu periksa ramalan cuaca sebelum berenang dan jangan pernah berenang jika Anda tidak yakin akan kemampuan Anda untuk mengatasi kondisi tersebut. Jika ragu, keluarlah dan kembali lagi di lain waktu!

Tetap aman
Bahkan perenang berpengalaman pun dapat mengalami bahaya di perairan terbuka, seperti kram, hipotermia, kelelahan, kelelahan, kecemasan, dan kebingungan sementara.

Yang terbaik adalah selalu berenang dalam kelompok dan, jika memungkinkan, dengan dukungan perahu atau pemantauan dari darat.

Jika Anda tidak yakin dengan rute, kondisi cuaca, atau perlu menambah pengalaman, tetaplah di dekat pantai, karena akan lebih mudah untuk kembali ke tempat aman.

Periksa arus, bebatuan atau bahaya tersembunyi, dan gunakan pengetahuan lokal untuk menghindari titik bahaya yang diketahui.

Saat berada di dalam air, waspadai potensi bahaya seperti memindahkan perahu; coba dan jauhi mereka dan selalu kenakan topi renang yang cerah. Jika tidak yakin, coba tunjukkan kehadiran Anda dengan melambaikan tangan dan berteriak, dan ingatlah bahwa Anda mungkin sulit dikenali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *